" Hidup Hanya Sekali Jadikanlah Berarti "

Minggu, 30 Juni 2013

Tanya Jawab Seputar VerVal NUPTK 2013

11 komentar:
Tanya Jawab Seputar VerVal NUPTK 2013
  di SITUS PADAMU NEGERI 

Pertanyaan :
Apa kepanjangan dari PADAMU NEGERI
 Jawaban:
( Pangkalan Data Penjaminan Mutu Pendidikan Negara Kesatuan Republik Indonesia )

Pertanyaan :
Ada berapa jenis Formulir VerVal Ulang NUPTK 2013 dan apa fungsinya masing-masing?
 Jawaban:
Formulir A01 = Bagi NUPTK yang data asal Sekolah Induknya telah teridentifikasi NPSNnya dan masih aktif di Sekolah Induk tsb.
Formulir A02 = Bagi NUPTK yang data asal Sekolah Induknya telah teridentifikasi NPSNnya, namun saat ini sudah mutasi/pindah ke Sekolah Induk lainnya.
Formulir A03 = Bagi NUPTK yang data asal Sekolah Induknya belum teridentifikasi NPSNnya.
Formulir A04 = Bagi NUPTK yang statunya saat ini menjadi Pengawas Sekolah.

Pertanyaan :
Siapakah yang seharusnya berperan aktif dalam VerVal NUPTK 2013 di situs padamu?
Jawaban :
Pada program PADAMU NEGERI yang lebih aktif adalah PTK masing-masing, yaitu untuk entri data secara online mandiri. Rekan admin/operator hanya bertugas melakukan cek dan memberi persetujuan dari hasil entri PTK di sekolah masing-masing.

Pertanyaan :
Sudah seberapa jauh kemajuan VerVal NUPTK 2013 di situs padamu?
Jawaban :
Dilaporkan oleh Tim Admin PADAMU NEGERI status unduhan formulir VerVal NUPTK 2013 sejak 20 s.d 24 Mei 2013 sbb:
Total Unduh Formulir (Unik NUPTK) = 1.032.451
Dengan Rincian:
Unduhan Formulir A01 = 675.788 NUPTK
Unduhan Formulir A02 = 30.099 NUPTK
Unduhan Formulir A03 = 313.836 NUPTK
Unduhan Formulir A04 = 12.740 NUPTK

Pertanyaan:
Kapan VerVal NUPTK 2013 secara resmi dapat dilakukan?
Jawaban:
Terima kasih atas respon para PTK yang luar biasa dalam partisipasi persiapan VerVal Ulang NUPTK 2013. VerVal dapat dimulai tanggal 3 Juni 2013.

Pertanyaan:
Apa manfaat PTK memiliki akun hak akses Layanan PADAMU NEGERI
Jawaban:
PTK dapat memutakhirkan data personal masing-masing dengan penuh tanggungjawab setiap waktu darimana saja dan kapan saja.
Dengan melengkapi data personal masing-masing PTK memiliki data rujukan pribadi bagi program pendataan lain baik dari Kemdikbud dan atau institusi pendidikan terkait lainnya.
Membantu meringankan beban kerja para admin/operator sekolah yang bisa lebih fokus pada proses verifikasi dan validasi data PTK bersangkutan.
Turut berperan aktif membantu BPSDMPK-PMP dalam melaksanakan program-program pengembangan SDM dan penjaminan mutu pendidikan berbasis pada data faktual yang lebih akurat dan akuntabel dari para PTK langsung.

Pertanyaaan :
Bagaimana cara memperbaiki data yang telah terisi dan isianya salah
Jawaban:
Saat proses VerVal Level 2 berlangsung
Pertanyaan :
Sumber data PTK diambil di mana? soalnya saya sudah mutasi NUPTK dari SD ke SMP kemudian valid untuk di dapodik tapi setelah saya cek di situs PADAMU NEGERI masih memakai data yang lama
Jawaban:
Sumber data dari program situs Padamu Negeri berasal dari SIM NUPTK periode 2012

Pertanyaan :
Ada berapa macam tipe akun pada layanan PADAMU NEGERI?
Jawaban :
Akun Institusi. Tipe akun ini bersifat tetap mengikat pada institusi. TIdak bisa dihapus/dinonaktifkan. Akun institusi ini dapat didelegasikan kepada person yang ditunjuk oleh pimpinan institusi. Contoh: Surat Aktivasi Akun yang dibagikan oleh LPMP melalui Dinas Pendidikan Kab/Kota ke sekolah-sekolah.
Akun Individu Publik. Tipe Akun ini bersifat personal publik tidak terikat dengan institusi manapun. Cara mendaftarkan tipe akun ini melalui layanan SIAP Komunitas di www.siapku.com (basis email individu).
Akun Individu Institusi. Tipe Akun ini bersifat personal bagi para anggota resmi yang terikat dengan institusi. Akun Individu Institusi diterbitkan oleh Admin / Operator Institusi terkait. Contoh: Akun untuk PTK (basis NUPTK/PEGID), Akun untuk Siswa (basis NISN/SIAPID) hingga Akun Komite Sekolah.
Akun Admin/Operator Institusi. Tipe Akun ini merupakan Akun Individu Publik atau Akun Individu Institusi yang didaftarkan dan diberi hak akses sebagai anggota grup Admin / Operator pada institusi oleh pengelola Akun Institusi.

Pertanyaan :
Apa yang harus disiapkan operator Dinas terkait aktivasi sekolah?
Jawaban :
Beberapa hal yang harus disiapkan operator Dinas Pendidikan Kab/Kota antara lain adalah sebagai berikut:

Mendistribusikan surat aktivasi akun ke setiap Sekolah yg ada di wilayahnya.
Memastikan surat aktivasi diterima pihak yang benar.
Mensosialisasikan cara aktivasi baik melalui media pertemuan (jika memungkinkan) dan cara-cara elektronik lainnya.
Memonitor kemajuan proses aktivasi sekolah melalui aplikasi.
Membantu sekolah melalui petugas kecamatan untuk sekolah-sekolah yang mengalami kesulitan.
Menerbitkan surat akun aktivasi sekolah yang NPSN-nya tidak ditemukan, baik melalui cetak ulang maupun penerbitan NPSN sementara.
Berkoordinasi dengan LPMP untuk bantuan solusi sekolah di area terpencil, terluar, dan terbelakang.
Pertanyaan:
Apa yang akan dilakukan operator Sekolah dalam proses aktivasi dan VerVal level 1?
Jawaban:
Yang harus dilakukan operator sekolah antara lain:

Membuat email sekolah untuk reset password jika password akun sekolah lupa.
Mengaktifkan akun sekolah sesuai surat aktivasi akun sekolah yang dibagikan.
Menerima formulir A01 dari PTK yang sekolah induknya di sekolah tersebut.
Memverifikasi formulir dengan dokumen lampiran yang dipersyaratkan. Jangan segan-segan menolak dan meminta revisi ke PTK jika tidak sesuai.
Mengisi form aplikasi sesuai formulir yang telah diverifikasi tadi.
Mencetak surat tanda bukti input data yang juga memuat akun aktivasi PTK yang bersangkutan.
Menyerahkan surat aktivasi akun PTK ke PTK yang bersangkutan.
Menyimpan berkas yang diserahkan PTK ke TU Sekolah.
Pertanyaan:
Di sekolah saya ada 12 PTK. Namun hanya 5 PTK yang bisa downlod A01, dan yang 8 orang lagi adanya formulir A03. Bagaimana untuk yang 8 orang ini supaya dapat formulir A01?
Jawaban:
Ikuti panduan sebagaimana tertera pada formulir A03 untuk mendapatkan Formulir A01

Pertanyaan:
Data NUPTK sekolah induk saya di SMPN 3 sedangkan saya sekarang di SMPN 2. Setelah mendownload formulir, yang muncul formulir AO3. Siapakah yang harus menandatangani formulir saya? Apakah kepsek SMPN 3 atau kepsek SMPN 2?
Jawaban:
Formulir yang diunduh sudah benar, Formulir A03. Formulir A03 berfungsi untuk pemutakhiran Sekolah Induk tempat tugas aktif saat ini. Tentu yang menandatangani adalah Kepsek dari Sekolah Induk terbaru tersebut dalam hal kepsek SMPN 2.

Pertanyaan:
Kenapa pada Formulir A01 kolom "Jabatan Anda di Sekolah Induk" tidak tersedia pilihan untuk "Ketua Program Keahlian" (PP 74 Th. 2008, Bab IV; Pasal 54; Ayat (3)?
Jawaban:
Silakan dilaporkan terlebih dahulu ke BPSDMPK PMP Pusat atau kirim email ke
 padamu@kemdikbud.go.id

Pertanyaan:
Apa tugas Kepala Sekolah dalam program VerVal NUPTK 2013 di situs padamu negeri ini?
Jawaban:
Tugas kepala sekolah antara lain adalah sebagai berikut:

Menunjuk operator sekolah yang menguasai TIK.
Menanda-tangani formulir dan memastikan kesesuaian data dengan kondisi faktual.
Memastikan pengisian form data dasar sekolah (program EDS) lengkap dan sesuai kondisi faktual.
Memastikan seluruh PTK di Satuan Pendidikannya yang belum memiliki Satuan Pendidikan Induk mendapatkan PegID dan melengkapi pengisian Form Kuisoner EDS.
Menetapkan nama anggota Komite Sekolah yang akan dijadikan responden Kuisoner EDS.
Menetapkan nama perwakilan Siswa yang akan dijadikan responden Kuisoner EDS.
Memfasilitasi proses tersebut 

Pertanyaan :
Kenapa Masing- masing PTK mendapatkan formulir yang berbeda - beda ?
 Jawaban :
A. Untuk Kepala Sekolah atau Guru akan ada 3 kemungkinan :
(1). Jika data PTK diserver berada di Sekolah Induk maka akan memperoleh Formulir A01
Isi revisi data yang sudah ada dengan biodata yang terbaru dan lengkap, kemudian tanda tangani Kepala Sekolah+Stempel serahkan ke Operator Sekolah
(2). Jika data PTK diserver berada di Sekolah Bukan Induk maka akan memperoleh Formulir A02
Isi formulir dengan data yang lengkap, kemudian tanda tangani Kepala Sekolah+Stempel serahkan ke Operator Kabupaten. Data akan divalidasi oleh Operator Kabupaten jika valid akan diberikan Formulir A01. Jika sudah memperoleh Formulir A01 dari Operator Kab. lanjutkan seperti point (1)
(3). Jika data PTK diserver tidak berada di Sekolah (asumsi saat ini menurut kami misalkan berada di Madrasah atau Kabupaten/Kota lain) maka akan memperoleh Formulir A03
Isi formulir dengan data yang lengkap, kemudian tanda tangani Kepala Sekolah+Stempel serahkan ke Operator Kabupaten. Data akan divalidasi oleh Operator Kabupaten jika valid akan diberikan Formulir A01. Jika sudah memperoleh Formulir A01 dari Operator Kab. lanjutkan seperti point (1)
B. Untuk Pengawas dipastikan hanya akan memperoleh Formulir A04
Isi revisi data yang sudah ada dengan biodata yang terbaru dan lengkap, kemudian tanda tangani Kepala Sekolah+Stempel serahkan ke Operator Kabupaten


Sumber : Dirangkum dari berbagai sumber

11 komentar:

  1. Pertanyaan Ane Bang...
    Hari ini sekolah ane kedatangan PTK baru dari SMPN 3 Simo kebetulan PTK yang bersangkutan NUPTK nya udah di proses di SMPN 3 Simo (Bintang Satu),
    Jadi SMP N 1 Kemusu (Sekolah Induk PTK yang Baru) tidak bisa mengunduh Formulir PTK (A01/A02/A03)... trus gimane Bang carane supaya PTK ybs bisa berada di Sekolah Induk Yang Baru (SMPN 1 Kemusu) ... apa ada yang bisa dicoba selain menghubungi Operator Kabupaten?... Thank jawabannya

    BalasHapus
  2. Sebelumya makasih Mas. Arif dah mau mampir...,Saya coba jawab ya mas..

    1. Cara pertama dan yg paling mudah ya..,datang ke Operator Kab supaya memutasikan data PTK dari sekolah lama ke sekolah baru sekaligus minta Formulir A01nya, He...

    2. Cara kedua karena kebetulan kasusnya hampir sama mas dengan di sekolahan kami cuma bedanya sekolah kami yang ditinggal. Ada 1 guru yang pindah ke sekolahan lain dan kebetulsn proses VerVal NUPTKnya udah dapat 2 bintang tinggal ngisi EDS n Data Rinci PTK aja. yg kami lakukan ya melanjutkan proses VelVelnya sampai selesai. toh yang penting NUPTKnya yg bersangkutan masih Aktif karena dan menyelesaikan VerVal.

    Mungkin itu jawaban yg dapat kami sampaikan mohon maaf kalau jawaban di atas belum bisa menyelesaikan masalah Mas. Arif..




    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana untuk Sekolah di bawah naungan Kementerian Agama kapan verval NUTPK dimulai?

      Hapus
    2. Saya kira Seluruh jenjang sekolah negeri dan swasta baik dibawah naungan Dinas Pendidikan Nasional (DINAS) dan Kementerian Agama (Kemenag) se-Indonesia, mulai dari TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK hingga lingkup SLB menggunakan akses PADAMU NEGERI untuk verval NUPTK dan layanan padamu negeri akan berakhir hingga akhir september. kalau ditanya kapan vervalnya ya jawabanya sebelum akhir september semua PTK harus sudah verval. coba tanyakan aja ke pihak terkait sebelum terlambat. makasih Mas. Muhammad dah mampir...

      Hapus
  3. pak bagaimana solusinya jika data di verval level 1 yang sudah terdaftar terdapat kesalahan ? admin tidak bisa mengeditnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba. Widya..,Verval level 1 maupun 2 bisa di edit/ dirubah, caranya login di padamu negeri dengan menggunakan akun sekolah, kemudian, pilih direktori PTK, kemudian pilih Daftar Pendidik dan Tenaga Kependidikan nanti muncul nama2 PTK, berikutnya klik panah kecil di sebelah kanan gambar bintang, pilih batal aktivasi akun. itu jawaban yg bisa saya berikan mudah2an bermanfaat. makasih dah mampir...

      Hapus
  4. Admin yang terhormat, banyak PTK yang kebingungan ketika melengkapi data kepegawaian. Kalau bisa mohon untuk membuatkan Panduan cara mengisi Data Rinci. Terimakasih.

    BalasHapus
  5. MInta informasinya.
    Sekolah saya (tingkat SD) beberapa pelajaran (matematika, IPA) menggunakan guru mata pelajaran (tidak dipegang oleh guru kelas.
    Waktu pengisian verval, tidak ada pilihan guru mata pelajaran matematika dan IPA, yg ada hanya masing2 agama, olahraga, dan sejenisnya.
    Bagaimana cara mengisinya sebab jika mengisi guru kelas - tentu bukan, krn memang bukan guru kelas. Jika tidak mengisi riwayat mengajar
    tentunya tidak bisa jalan/lanjut verval-nya.
    mohon sarannya.
    terima kasih.

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum pak, mohon bantuannya ... kenapa untuk upload foto guru atau staf dan siswa tidak bisa dilakukan .. icon bergambar pensilnya tidak tampil... tolong di email ke zeerio@ymail.com terima kasih

    BalasHapus
  7. mhn pnjlasannya jika guru pndah dari SMA k madrasah, karena sampai saat ini blm verval, dan data mash di SMA, trims

    BalasHapus
  8. ass . paak saya mau nanyak . guru sudah bintang 4 dan sudah juga mendapat so8 . tapi setelah di cek di so7 ternyata data masih ada yang salah juga pak ??
    gimana cara mengedit data itu ??

    BalasHapus

TEAM GURU PROFESIONAL

PALING BANYAK DICARI

Mugi Santosa. Diberdayakan oleh Blogger.

PENGASUH WEBSITE

Foto Saya
" Sebaik - baiknya orang adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain"
Diolah Oleh :

SAMPAIKAN WALAU SATU AYAT

Renungan


Kita seringkali berterima kasih kepada sesama manusia, tetapi melupakan satu hal yang sangat penting yaitu mensyukuri nikmat Allah. "Alhamdulillah, Alhamdulillah All praises to Allah, All praises to Allah"