Click Me!
" Selamat Datang di Website Resmi SDN Brebeg 03"

Sunday 2 February 2014

Tanggapan Gempa Bumi Cilacap 25 Januari 2014

No comments:

Bersama ini kami sampaikan laporan tanggapan terjadinya gempabumi di Perairan Selatan Selatan Cilacap, Jawa Tengah berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG, Jakarta; USGS, Amerika Serikat dan data lainnya sebagai berikut:
1. Gempabumi tersebut terjadi pada hari Senin, 25 Januari 2014. Berdasarkan informasi dari BMKG kejadian gempabumi tersebut terjadi pada pukul 12:14:40 WIB, pusat gempabumi berada pada koordinat 8.48°LS dan 109,17°BT dengan magnitudo 6,5 SR (Skala Richter) pada kedalaman 48 km, berada pada 86,7 km tenggara Kota Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Menurut data dari USGS, pusat gempabumi berada pada koordinat 8.004°LS dan 109,238°BT dengan magnitudo 6,1 Mw (moment magnitude) pada kedalaman 83,2 km, berada pada 40,8 km tenggara Kota Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.
2. Kondisi geologi daerah terkena gempabumi:
Goncangan gempabumi melanda wilayah selatan pantai Jawa Tengah, wilayah Yogyakarta, dan sebagian Jawa Barat. Wilayah – wilayah tersebut pada umumnya disusun oleh batuan berumur Tersier berupa batuan sedimen, batuan gunungapi, dan endapan berumur Kuarter (endapan aluvial pantai, endapan aluvial sungai, dan batuan gunungapi muda). Batuan sedimen dan batuan gunungapi berumur Tersier sebagian telah mengalami pelapukan. Batuan yang telah mengalami pelapukan dan endapan berumur Kuarter tersebut bersifat urai, lepas, belum kompak, sehingga bersifat memperkuat efek goncangan gempa.
3. Penyebab gempabumi:
Berdasarkan posisi dan kedalaman pusat gempabumi, kejadian gempabumi tersebut  disebabkan oleh aktivitas zona subduksi yang terbentuk akibat tumbukan antara Lempeng Benua Eurasia dan Lempeng Samudera Indo - Australia.
4. Dampak gempabumi:
Menurut hasil rekaman seismometer di Pos Gunungapi Galunggung di Tasikmalaya, kejadian gempabumi tersebut memiliki durasi 370 detik dan amplitudo maksimum 42 mm. Pos Gunungapi Dieng mencatat kejadian gempabumi tersebut  memiliki durasi 291 detik, amplitudo maksimum 75 mm, dan adanya gempabumi susulan.
Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, kejadian gempabumi tersebut telah mengakibatkan kerusakan bangunan di daerah Banyumas, Yogyakarta, dan Purworejo. Goncangan gempabumi di pantai selatan Cilacap diperkirakan mencapai skala intensitas gempabumi V – VI MMI MMI (Modified Mercalli Intensity).
5. Rekomendasi:
  • Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempabumi dan tsunami.
  • Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempabumi susulan, yang energinya lebih kecil dari kejadian gempabumi utama.
  • Gempabumi ini tidak menimbulkan tsunami, karena walaupun gempabumi berpusat di laut, namun energinya tidak cukup kuat untuk memicu tsunami.
  • Badan Geologi akan mengirimkan Tim Tanggap Darurat (TTD) ke lokasi bencana yang bertujuan untuk melakukan pemeriksaan dampak gempa bumi.
 


Sumber : http://www.vsi.esdm.go.id/index.php/gempabumi-a-tsunami/kejadian-gempabumi-a-tsunami/304-tanggapan-gempa-bumi-cilacap-25-januari-2014

No comments:

Post a Comment

e-Learning SDN Brebeg 03

CEK DATA PNS KAB. CILACAP

GURU SDN BREBEG 03

PALING BANYAK DICARI

Mugi Santosa. Powered by Blogger.
PENGUMUMAN : PATUHI PROTOKOL KESEHATAN Admin

STATISTIK

PENGUNJUNG BULAN INI

CHANNEL YOUTUBE SILAHKAN KUNJUNGI

PENGASUH

My photo
" Sebaik - baiknya manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain"
Diolah Oleh :

Kata Mutiara


Memohonlah kepada Allah supaya memperbaiki hati dan niatmu, karena tidak ada sesuatu yang paling berat untuk kau obati selain keduanya. Ketika hatimu sedang menghadap (Allah) maka seketika mungkin untuk berpaling, maka ketika menghadap itulah engkau harus merampasnya supaya tidak berpaling. – Uwais al Qarni/ Bahjatul Majalis,Ibnu Abdil Barr

“Dengan kecerdasan jiwalah manusia menuju arah kesejahteraan.” – Ki Hajar Dewantara