Click Me!
" Selamat Datang di Website Resmi SDN Brebeg 03"

Saturday 31 August 2013

Pengalaman Mengikuti Tes CPNS

1 comment:
Pengalaman Mengikuti Tes CPNS

Tadi malam Seorang teman yang telah lama tidak berjumpa tiba – tiba menghubungi saya SMS : "Mas, bagi tips ujian masuk PNS dong?" Saya lumayan kesulitan untuk menjawab pertanyaan teman saya ini. Jujur saya bukan seseorang yang ahli tentang ujian masuk CPNS. Saya hanya tahu sedikit sekali. Namun untuk menjelaskan pengetahuan yang sedikit itupun tidak mungkin dilakukan melalui SMS. Maka saya putuskan untuk menuliskannya di blog, sambil berharap pengalaman saya dapat berguna tidak hanya untuk menjawab pertanyaan teman saya tadi, tapi bagi siapapun yang yang membutuhkan informasi seputar tes CPNS.


Ada banyak sekali variasi tes ujian masuk CPNS. Meski ada beberapa hal yang mirip, tapi tiap kementerian dan daerah menyelenggarakan tes mereka sendiri-sendiri. Sehingga, seseorang yang sukses menembus tes CPNS di satu daerah/kementerian, belum tentu akan lolos pada tes CPNS di daerah/kementerian yang lain. Begitu pula dengan saya. Meski saat ini berstatus sebagai PNS, bukan berarti saya ahli dalam menembus tes masuk CPNS. Saya hanya bisa menceritakan dan berbagi tips sesuai dengan pengalaman tes yang pernah saya alami.

Sebelum mulai mendaftar, ada baiknya anda memperisiapkan persyaratan administrasi guna mendaftar tes CPNS. Kebanyakan kementerian/daerah mensyaratkan persyaratan administrasi yang sama: fotocopy ijazah dan transkrip yang dilegalisir, foto, SKCK dari Kepolisian, Kartu Kuning dari Disnakertrans setempat . Beberapa kementerian juga mensyaratkan Surat Keterangan Bebas Narkoba dan TOEFL. Sebaiknya anda persiapkan syarat-syarat administratif ini di awal bulan Agustus, karena biasanya pembukaan pendaftaran CPNS dilakukan sekitar bulan Agustus - Desember. Tahapan tes umumnya dimulai dengan pendaftaran online, penyerahan berkas, pengumuman peserta yang lolos adminstrasi, tes tertulis, dan tes wawancara (jika ada).

Seleksi CPNSD di Purwokerto

Saya sendiri mengikuti beberapa kali, Pertama tes seleksi CPNS di tahun 2004. Setelah antri setengah hari di BKD Purwokerto untuk mendaftar dan pemeriksaan berkas, akhirnya seleksi administrasi berjalan lancar, Saat itu, saya mencoba peruntungan saya dengan mengikuti tes CPNS . Berbekal Ijasah SMU dengan nilai pas – pasan saya mantapkan diri untuk melamar menjadi Satpol PP, niat hanya mencari pengalaman bersama dua orang paman yang juga ikut tes kami bertiga berangkat pukul 05.00 pagi menuju Kota Purwokerto. Sepanjang perjalanan yang ada di kepala adalah pertanyaan “ Soal CPNS itu kaya apa ya? “. Akhirnya tiba pelaksanaan Tes, Wow.., kebanyakan soal adalah Sejarah Kemerdekaan Indonesia, UUD, Tata Negara, Bahasa Indonesia. Tanpa belajar dan persiapan saya mengalami banyak kesulitan menjawab 100 pertanyaan, kalau boleh jujur mungin hanya 40 nomor yang benar - benar saya kerjakan sisanya pake ilmu kira – kira, Jadilah saya gagal pada tes ini.

Tes CPNS pertama ini setidaknya membawa hikmah: saya jadi tahu gambaran materi tes CPNS. Sayapun mulai mempelajari UUD 1945, menghafal pembukaannya, amandemennya, mempelajari kembali buku pelajaran sejarah waktu SMU, terutama kejadian-kejadian seputar kemerdekaan Indonesia dan hal-hal penting pada awal kemerdekaan, Tata Negara, Matematika dsb.

Dan pada tahun 2005 saya mengikuti tes CPNS masih menggunakan Ijasah SMU dan melamar Satpol PP untuk kedua kalinya, Alhamdllah saya tidak mengalami banyak kesulitan mengerjakan soal tapi hasilnya seperti tes yang dulu. Gagal,he.., mungkin karena orang tua saya yang ga setuju kalau anaknya jadi Satpol PP yang pada waktu itu sering di beritakan di TV kalau Satpol PP Menggusur rumah dll. Mungkin berita2 tadi yang membuat ortu gam au anaknya jadi Satpol PP.

Akhirnya pada tahun 2005 atas bukukan orang tua saya melanjutkan kuliah di IKIP PGRI Semarang mengambil Jurusan D2 PGSD, Akhirnya pada tahun 2007 saya lulus.


Bersambung 

 BAGI TEMEN - TEMEN YANG BUTUH SOAL CPNS + PEMBAHASAN SILAKAN KLIK 

1 comment:


  1. CERITA KISAH SUKSES SAYA JADI PNS

    Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru honorer di Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar di SD NEGERI 009 di banjarmasin mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR HERMAN M.si No Hp 0853-2174-0123. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wb...

    ReplyDelete

e-Learning SDN Brebeg 03

CEK DATA PNS KAB. CILACAP

GURU SDN BREBEG 03

PALING BANYAK DICARI

Mugi Santosa. Powered by Blogger.
PENGUMUMAN : PATUHI PROTOKOL KESEHATAN Admin

STATISTIK

PENGUNJUNG BULAN INI

CHANNEL YOUTUBE SILAHKAN KUNJUNGI

PENGASUH

My photo
" Sebaik - baiknya manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain"
Diolah Oleh :

Kata Mutiara


Memohonlah kepada Allah supaya memperbaiki hati dan niatmu, karena tidak ada sesuatu yang paling berat untuk kau obati selain keduanya. Ketika hatimu sedang menghadap (Allah) maka seketika mungkin untuk berpaling, maka ketika menghadap itulah engkau harus merampasnya supaya tidak berpaling. – Uwais al Qarni/ Bahjatul Majalis,Ibnu Abdil Barr

“Dengan kecerdasan jiwalah manusia menuju arah kesejahteraan.” – Ki Hajar Dewantara