Click Me!
" Selamat Datang di Website Resmi SDN Brebeg 03"

Saturday 25 January 2014

Monitoring BOS

No comments:

Entah ini monitoring BOS yg ke berapa bagi saya (Jumat, 20 Des 13), tapi rasa - rasanya setiap kali mendengar kata "Monitoring BOS" ada rasa aneh yg timbul di dalam dada..,seolah - olah ada benda yg menekan tubuh ini dari berbagai arah yg membuat aktifitas menjadi tdk nyaman, gelisah n tidak napsu makan, he..,lebay....

Padahal kalau dipikir-pikir ga ada yg sangat spesial dari yg namanya "Monitoring BOS" apalagi sekolah kami termasuk yg rajin mengerjakan laporan BOS mulai dari Kas Umum, Pembantu Kas, Pajak, dan Kas Bank semuanya dikerjakan secara rutin dan tentunya membelanjakan uang BOS sesuai Panduan BOS..,he.."Pamer Nich " jadi ga ada istilahnya lembur - lembur dalam menghadapi monitoring, paling cuma sedikit merapikan saja, he...

Kalau berbicara masalah BOS jadi inget orang - orang yg saya anggap menjadi guru bagi saya dalam membuat laporan BOS antara lain :

1. Bpk. Umar Fauzi, S.Pd.I 
    Beliau adalah sosok bendahara yg pertama saya kenal. Bersama waktu saya mengabdikan diri di SDN Banteran 03, waktu itu saya hanya membantu beliau mengetikan laporan BOS, berawal dari situ sedikit banyak saya mulai mengenal apa yang namanya Buku Kas. Yang sangat saya kagumi dari beliau adalah beliau sosok guru agama / ustad yang sabar, taat beribadah, bahkan puasa senin kamis setau saya tidak pernah ditinggalkan, di tambah kehidupanya yang sederhana walaupun secara ekonomi beliau mampu. kesederhanaan beliau menginspirasi saya sampai hari ini.

2. Bpk. Catur Basuki, S.Pd
    Pertama kali bertemu di tahun 2009 di tempat tugas yg baru SDN Karangsari 03, kesan santai, ceria, humoris tergambar jelas dari tingkah lakunya sehari - hari. rasa - rasanya tidak ada hal yg membuat dirinya sedih..,berawal dari obrolan ringan,  saya banyak belajar tentang pengelolaan BOS dari beliau.

3. Ibu. Hidayati, S.Pd.SD
  Setelah kurang lebih setahun bertugas di gunung,   akhirnya pada tahun 2010 saya di Mutasi atau dipindah tugaskan ke SDN Cimanggu 03. disinilah saya belajar sesungguhnya tentang BOS kepada Ibu. Hidayati, S.Pd.SD, beliau bukanlah seorang bendahara tapi merupakan Kepala Sekolah. yg menurut saya sangat luar biasa, hampir semua bidang didunia pendidikan dia kuasai. selain sukses menjadi guru "terbukti pernah menjadi guru berprestasi" beliau jg bisa saya katan sukses menjadi kepala sekolah.
Semua berawal waktu itu saya ditugaskan menjadi bendahara menggantikan bendahara lama "Ibu. Sumarni, S.Pd" karena beliau mengajar kelas VI jadi beliau ingin fokus mengajar. 
Ada kejadian yang masih saya ingat sampai sekarang, waktu akhir bulan saya ditanya beliau, mas..,gimana dah selesai buat Kas apa belum? waktu itu saya bingung jawabnya karena memang ga pernah dikerjakan karena memang belum  bisa, akhirnya saya jawab " belum bu..,masih bingung", tanpa memarahi beliau meminta Buku Kas harian saya dan mulai membuat Kas berdasarkan catatan pengeluaran harian saya...,saya amati ga sampai 15 menit buku kas sudah selesai dan menyuruh saya untuk mengetiknya..,semenjak itu saya sangat terinspirasi dan keinginan untuk belajar sangat tinggi sampai saya paham dalam membuat laporan BOS, Alhamdulilah bulan berikutnya saya sudah bisa buat laporan sendiri. ada kalimat yang waktu itu beliau sampaikan setelah selesai upacara di depan kelas V beliau menutup pembicaran dengan saya dengan kalimat :
" Bekerjalah seolah - olah kamu akan dimutasi esok " 
kalimat tersebut saya maknai bahwa kalau bekerja jangan ditunda - tunda, bayangkan kalau kita tau besok mau dimutasi tentunya kita tidak ingin meninggalkan pekerjaan di sekolah yang lama.

4. Pak. Tarmo
    Sosok pemuda yang sangat inspiratif, walaupun dia di sekolahan hanya perprofesi sebagai Penjaga Sekolah dan  merangkap bagian Administrsi di SDN Cimanggu 03, tapi kecerdasanya  tidak perlu diragukan apalagi pengalaman beliau yang selalu membantu para Bendahara di SDN Cimanggu 03 selama beberapa generasi membuat beliau hapal betul bagaimana membuat laporan BOS yang baik dan benar. Bulan - bulan pertama menjadi bendahara menjadi masa yg sulit bagi saya tapi alhamdulilah berkat bantuan beliau dapat dilalui dengan lancar. Trimakasih mang Amo...,he..

  
Foto Kegiatan Monitoring BOS di Kec, Jeruklegi
Jumat, 20 Desember 2013


( Monitoring BOS di laksanakan di SDN Brebeg 01, waktu itu hujan dari pagi sehingga halaman sekolah menjadi becek)


( Bpk. Edi Walam, S.Pd, Pengawas TK/SD UPT Kec. Jeruklegi, 
beliau yangg bertugas memonitoring SD kami)



( Tim Manajemen BOS SDN Brebeg 01, Bpk. Budi, S.Pd dan Bpk. Fajar, S.Pd.SD )


( Tim Manajemen BOS SDN Brebeg 02, Bpk. Ali Romadhon Songlap, S.Pd.SD
 dan Ibu. Eli, S.Pd.SD )


( Tim Manajemen BOS SDN Brebeg 03, Bpk. Warso, S.Pd dan Bpk. Mugi Santosa, S.Pd.SD )



( Saatnya foto - foto setelah acara selesai )

No comments:

Post a Comment

e-Learning SDN Brebeg 03

CEK DATA PNS KAB. CILACAP

GURU SDN BREBEG 03

PALING BANYAK DICARI

Mugi Santosa. Powered by Blogger.
PENGUMUMAN : PATUHI PROTOKOL KESEHATAN Admin

STATISTIK

PENGUNJUNG BULAN INI

CHANNEL YOUTUBE SILAHKAN KUNJUNGI

PENGASUH

My photo
" Sebaik - baiknya manusia adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain"
Diolah Oleh :

Kata Mutiara


Memohonlah kepada Allah supaya memperbaiki hati dan niatmu, karena tidak ada sesuatu yang paling berat untuk kau obati selain keduanya. Ketika hatimu sedang menghadap (Allah) maka seketika mungkin untuk berpaling, maka ketika menghadap itulah engkau harus merampasnya supaya tidak berpaling. – Uwais al Qarni/ Bahjatul Majalis,Ibnu Abdil Barr

“Dengan kecerdasan jiwalah manusia menuju arah kesejahteraan.” – Ki Hajar Dewantara